Sukses

Pemprov Jawa Timur Siap Sambut 500 Eks Anggota Gafatar

Dari ratusan orang eks Gafatar, tercatat warga Surabaya yang paling banyak terdeteksi bergabung dengan aliran yang dianggap sesat itu.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Provinsi Jawa Timur siap menjemput 500 warganya yang bergabung dengan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang saat ini bermukim di Mempawah, Kalimantan Barat. 

"Rencannya ratusan orang tersebut akan tiba di Surabaya, pada Sabtu 23 Januari 2016. Iya, kita mendapat kepastian, mereka berangkat besok (Jumat) dari Kalimantan, dan akan tiba di Surabaya Sabtu," tutur Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Kamis (21/1/2016).

Wagub yang akrab disapa Gus Ipul ini menambahkan, dari ratusan orang tersebut, tercatat warga Surabaya yang paling banyak terdeteksi bergabung dengan Gafatar.

"Untuk Surabaya menempati peringat pertama yaitu 80-an orang dan yang kedua 30 sampai 40-an orang. kita tunggu saja perkembangannya," imbuh Gus Ipul.


Menurut politisi PKB ini warga yang akan tiba itu tercatat berasal dari 18 kabupaten/kota di Jawa Timur. Yakni dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Pasuruan, Jombang, Mojokerto, Pasuruan, Jember, Malang, dan sejumlah daerah lain.

Rencannya kepulangan mereka dari Kalimantan dilakukan dengan menumpang kapal milik TNI-AL dan akan tiba di Pelabuhan Semarang dan dilanjutkan dengan perjalanan darat dengan menggunakan bus.

"Untuk rincinya, kita tunggu saja perkembangannya besok," lanjut Gus Ipul yang memastikan dirinya akan ikut menyambut kepulangan mereka warga Jawa Timur dari Kalimantan tersebut.

Setelah tiba di Surabaya, mereka akan lebih dulu ditampung selama tiga sampai empat hari ‎di gedung Balai Latihan Kerja (BLK) milik Provinsi Jawa Timur," kata Gus Ipul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini