Sukses

Sambut SNMPTN, Kampus Diingatkan Isi Pangkalan Data

UGM menawarkan 2.649 kursi untuk calon mahasiswa yang mengikuti SNMPTN,

Liputan6.com, Yogyakarta - Rangkaian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 berjalan sejak 18 Januari 2016 lalu.

Di Yogyakarta terdapat 4 perguruan tinggi negeri (PTN) di Yogyakarta menyelenggarakan seleksi itu, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, serta Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY R. Kadarmanto Baskara Aji mengatakan,
proses pendaftaran SNMPTN yang melibatkan sekolah dilaksanakan melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Berdasarkan pengalamannya, ia menyebut masih banyak sekolah yang tidak melengkapi PDSS.

"Kalau sekolah saja tidak mengisi PDSS sejak awal, tidak ada kesempatan bagi peserta didiknya untuk bisa masuk ke PTN melalui SNMPTN. Karena itu, saya berharap pada tahun ini, tidak ada satu pun sekolah, baik SMA, MA, atau SMK di DIY yang tidak mengisi PDSS," ujar Kadarmanto, Rabu 20 Januari 2016.


Sementara itu, Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM  Sri Peni Wastutiningsih mengatakan UGM menggelar 3 macam seleksi mahasiswa baru program sarjana. Selain SNMPTN yang menyeleksi lewat penelusuran prestasi akademik, UGM juga menyelenggarakan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui ujian tertulis dan Seleksi Mandiri (SM) yang diatur dan ditetapkan masing-masing PTN.

Ujian tertulis dilaksanakan menggunakan metode paper-based test dan computer-based test. Sri menegaskan pihaknya siap untuk menggelar dua metode ujian tersebut.

"Untuk pelaksanaan CBT akan ada requirement dari panitia pusat yang harus dipenuhi. Tapi, kalau ditanya apakah kita siap, jelas siap," ucap Sri.

Dalam penyelenggaraan SNMPTN dan SBMPTN, UGM menawarkan 66 program studi dengan total kuota sebanyak 6.622 mahasiswa. Dari jumlah ini, 2.649 di antaranya diterima melalui SNMPTN, sedangkan SBMPTN dan SM masing-masing memiliki kuota untuk 1.987 mahasiswa baru. Sementara itu, UNY menerima 5.055 mahasiswa baru, UIN 3.390 mahasiswa baru, dan UPN 2.650 mahasiswa baru.

SNMPTN tahun ini akan dimulai pada 18 Januari dengan pengisian dan verifikasi PDSS hingga tanggal 20 Februari 2016. Pendaftaran akan berlangsung pada tanggal 29 Februari hingga 12 Maret 2016. Sementara itu, pendaftaran untuk SBMPTN akan dibuka pada 25 April 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN, salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru.

    SNMPTN

  • Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.
    Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.

    Yogyakarta

  • SNMPTN 2016

  • UGM