Sukses

Cuaca Ekstrem Melanda, Manado Dikepung Banjir

Di antara titik-titik yang tergenang merupakan daerah langganan banjir.

Liputan6.com, Manado - Hujan sedang hingga deras mengguyur Kota Manado sejak Rabu malam 20 Januari 2016 sekitar pukul 19.00 Wita hingga pagi ini. Akibatnya, sejumlah titik di kota itu mulai dikepung banjir sejak pagi tadi.

Di antara titik-titik yang tergenang merupakan daerah langganan banjir. Sebut saja Kecamatan Sario, Kecamatan Tikala, Kecamatan Paal 2, serta Kecamatan Tuminting.

"Akhirnya saya tidak bisa ke kantor, karena jalan di depan rumah saya sudah dipenuhi air," ujar Paula, warga Kelurahan Ranotana, Kecamatan Sario, Manado, Sulut, Kamis (21/1/2016).

Sementara itu, genangan air juga terjadi di Kelurahaan Paal 4, Kecamatan Tikala. Solichin, warga setempat pun mengingatkan PLN untuk segera mematikan gardu listrik di daerahnya.

"Sepertinya pihak PLN harus mematikan gardu di sini. Karena air mudah mulai menggenangi gardu," ujar Solichin.

Terkait kondisi curah hujan yang masih terus tinggi ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrim. Seperti dikatakan prakirawan BMKG Manado Sunarto.

Dia menyatakan, cuaca ekstrem tak cuma melanda Manado. Beberapa daerah lain di Provinsi Sulawesi Utara juga mengalami hal serupa.

"Peringatan dini cuaca ekstrem terjadi hari ini 21 Januari 2016 untuk wilayah Sulawesi Utara, khususnya Manado, Tomohon, dan Minahasa," pungkas Sunarto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.
    Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

    Manado

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem