Sukses

Merasakan Sensasi Kalkulator Air di Taman Pintar Yogyakarta

Di teater 4 dimensi, pengunjung bisa merasa melihat langsung siklus air yang terjadi di alam.

Liputan6.com, Yogyakarta - Wahana edukatif Taman Pintar Yogyakarta memiliki tampilan baru yang lebih interaktif. Khususnya, zona air untuk kehidupan yang berada di lantai 2 Gedung Kotak Taman Pintar.

"Zona yang baru saja diperbarui ini semakin interaktif dibanding zona lama. Ada berbagai peralatan seperti permainan, namun tetap mampu memberikan edukasi kepada pengunjung," kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yunianto Dwi Sutono usai peresmian Zona Air untuk Kehidupan di Taman Pintar Yogyakarta, Senin (18/1/2016).

Dikutip dari Antara, Zona Air untuk Kehidupan yang baru diperbarui tersebut mengusung konsep museum air. Dalam konsep terbaru ditampilkan teater 4 dimensi (4D) untuk menceritakan siklus air, permainan kalkulator hidrasi, permainan "kinect biopori", roket air, pengendali air serta mengenal jenis-jenis air dan sumbernya.

Di teater 4 dimensi, pengunjung bisa menikmati film menggunakan kacamata khusus yang mampu menampilkan efek tertentu sehingga pengunjung merasa melihat langsung siklus air yang terjadi di alam.

Sedangkan di kalkulator hidrasi, pengunjung diajak menginjak semacam pedal secara terus menerus untuk belajar mengenai berbagai manfaat air.

Zona tersebut merupakan hasil kerja sama antara Taman Pintar dengan Danone Aqua. Kerja sama antara kedua belah pihak sudah terjalin sejak 2008 berupa pembuatan zona di tempat wisata dan edukasi tersebut.

Asisten Sekretaris Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya menyambut baik pembaruan zona tersebut karena semakin selaras dengan misi Taman Pintar, menjadi wahana pendidikan yang menyenangkan.

"Kerja sama yang terjalin antara kedua belah pihak ini merupakan implementasi nyata dari ajaran Bapak Pendidikan Ki Hajar Dewantara yaitu belajar dengan cara yang menyenangkan," kata Aman.

Vice President Marketing Danone Aqua Marjorie Garrovillo mengatakan, air berfungsi penting untuk kesehatan manusia. Namun, masih banyak masyarakat yang belum menyadari bahwa tidak semua air sama atau aman dan sehat untuk dikonsumsi.

"Hal itulah yang mendasari kami membuat zona air ini yaitu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana pentingnya air dan kelestariannya," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini