Sukses

Semarang Jadi Kota Favorit Imigran Gelap Asal Timur Tengah

Mereka nekat menyeberang ke Indonesia untuk mencari perlindungan hukum. Mayoritas dari Afganistan, Pakistan, Iran, dan Palestina.

Liputan6.com, Semarang - Semarang menjadi kota favorit persinggahan pertama imigran gelap asal Timur Tengah yang menyeberang ke Indonesia. Mereka merupakan korban perang saudara di beberapa negara Arab yang mencari suaka ke Indonesia.

"Saat ini ratusan imigran ilegal itu ditampung di Rumah Detensi Imigrasi Semarang," ujar Kasi Informatika dan Sarana Komunikasi Imigrasi Klas I Semarang, Muhammad Asrofah kepada Liputan6.com, Senin (18/1/2016).

Menurut Asrofah, persoalan yang dihadapi para imigran itu adalah masalah administrasi. Hal itu disebabkan karena mereka tak punya dokumen keimigrasian, masuk secara gelap, penyalahgunaan izin tinggal.

"Mereka nekat menyeberang ke Indonesia untuk mencari perlindungan hukum (suaka). Mayoritas dari Afganistan, Pakistan, Iran, dan Palestina," kata Asrofah.

Dampaknya, kata Asrofah, kapasitas ruang penampungan imigran gelap di Rumah Detensi Imigrasi jadi makin sempit. Jika dibiarkan dipastikan akan menambah masalah.

"Mereka tinggal disini berbulan-bulan. Yang sudah terlalu lama, dilaporkan petugas imigrasi ke kedutaan besar di Jakarta," kata Asrofah.

Para imigran itu jika bersedia dipulangkan, biasanya dibiayai International Organization for Migration (IOM) usai kordinasi dengan dubes tempat asal imigran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini