Sukses

Ribuan Amunisi Aktif Ditemukan Terpendam di Sukabumi

Ribuan butir amunisi ini tertanam di tanah di lokasi Asrama Koloni Polri Cipelang, Kota Sukabumi.

Liputan6.com, Sukabumi - Jajaran Polres Sukabumi Kota, Jawa Barat menemukan ribuan butir amunisi tertanam di tanah di lokasi Asrama Koloni Polri Cipelang, Kota Sukabumi, Sabtu 16 Januari 2016.

"Ribuan amunisi ini ditemukan saat akan merenovasi salah satu rumah dinas di asrama ini dan kami pun langsung menghubungi atau berkoordinasi dengan Tim Gegana Satuan Brimob Polda Jabar," ucap Waka Polres Sukabumi Kota Komisaris Imron Ermawan di Sukabumi, seperti dikutip dari Antara, Minggu (17/1/2016).

Amunisi-amunisi itu terdiri dari puluhan granat, puluhan ribu peluru berbagai kaliber, ranjau darat dan senjata laras panjang. Dari hasil olah TKP, amunisi dan senjata laras panjang tersebut merupakan aset pihak kepolisian zaman dahulu. Selain itu, dilihat dari tahun pembuatannya antara 1940-1950.

Menurut Imron, sebelum ditemukan amunisi ini, gudang yang dijadikan rumah dinas ini pernah beberapa kali dihuni oleh anggota Polres Sukabumi Kota. Namun, selama ditempati amunisi aktif tersebut tidak meledak.

"Kami juga melakukan sterilisasi lokasi dengan memasang garis polisi agar siapa pun yang tidak berkepentingan tidak bisa masuk, baik masyarakat umum maupun anggota polisi," imbuh dia.

Imron mengatakan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, apalagi saat ini tengah hangat-hangatnya kasus penyerangan teroris, maka lokasi ditemukannya amunisi aktif tersebut harus benar-benar steril.

"Ada sekitar 50 anggota yang kami tempatkan untuk menjaga lokasi penemuan amunisi tersebut. Rencananya barang itu akan dievakuasi oleh tim Gegana Sat Brimob Polda Jabar dan menyisir seluruh lokasi asrama khawatir masih ada peninggalan amunisi kuno seperti ini," Imron menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini