Sukses

Masjid Terbesar Jawa Barat Dibangun di Atas Danau

Masjid terbesar di Jawa Barat ini dirancang futuristik dan tanpa kubah.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat merencanakan pembangunan masjid terbesar di Jawa Barat yang akan dibangun di atas danau di kawasan Gedebage, Kota Bandung.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, dilibatkan dalam proses pembangunan masjid ini. Emil, panggilan populer wali kota, bertugas sebagai perancang bangunan dan proyek pembangunan masjid tersebut.

"Sesuai aspirasi dan harapan pak gubernur, saya hanya bantu saja," kata dia di Gedung Sate Bandung, Rabu (13/1/2016).

Masjid itu dirancang modern futuristik dengan empat tower yang muncul dari air.  Ukuran masjid sekitar 100 x 100 meter. Area salatnya seluas 1 hektare menempati badan air yang sedang dibahas.  

"Kapasitasnya kalau sehektare aja kali 1 orang hampir 7 ribuan orang," kata Emil.

Nantinya masjid akan dibuat tanpa menggunakan kubah. Perancangannya menggunakan rumus matematika.

"Islam itu kan dikenal dengan kehebatan matematikanya. Jadi teorinya matematika yang dikonversi jadi tiga dimensi," papar dia.

Dari sisi interior masjid, kata Emil, akan ditonjolkan budaya Jawa Barat. Saat ini, detail engineering detail (DED) masjid masih disusun. Sejalan dengan proses itu, lahan mulai dibebaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.