Sukses

Mortir Aktif Perang Dunia II Ditemukan di Serang

Mortir tersebut ditemukan dalam keadaan sudah berkarat.

Liputan6.com, Serang - Mortir jenis 60 Comando ditemukan di Kampung Cirendong, RT 01 RW 08, Kelurahan Cipare, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten. Mortir tersebut diduga merupakan peninggalan Perang Dunia II.

"Mortir tersebut sangat berbahaya. Kita sudah bawa ke Brimob untuk diamankan," kata Komandan Unit Intel Kodim Serang Letda Inf Yusrizal, di Serang, Senin 11 Januari 2016.

Mortir aktif tersebut ditemukan oleh warga bernama Herman yang sedang menggali saluran air.

Saat itu, dia tengah mengayunkan cangkul ke tanah. Ketika telah menancap ke tanah, mata cangkul tiba-tiba menyentuh benda keras.

Dia lalu menggali tanahnya untuk menyingkirkan benda tersebut. Ternyata benda itu adalah mortir. Lalu mortir tersebut diletakkannya di atas batu. Dia pun segera melaporkan ke Ketua RT setempat.

"Saya tidak tahu kalau barang itu berbahaya. Takut juga pas dibilang mortir aktif. Memang sudah berkarat juga, di bagian buntutnya," kata penemu mortir, Herman, Senin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini