Sukses

Amankan Natal dan Tahun Baru, 1.000 Banser Dilengkapi Ilmu Khusus

Banser Ansor tidak dibekali senjata seperti Polri dan TNI untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Liputan6.com, Makassar - Gerakan Pemuda (GP) Anshor Sulawesi Selatan menyiapkan 1.000 anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) untuk membantu kepolisian dalam rangka mengamankan perayaan pergantian tahun di beberapa daerah di Sulsel. Sebelumnya personel Anshor juga membantu pengamanan Maulid Nabi dan Natal.

Ketua GP Anshor Sulsel Muh Tonang Cawidu mengatakan, 1.000 anggota GP Anshor memang disiapkan membantu pengamanan 3 momen strategis hari-hari ini yakni Maulid Nabi, Natal, dan perayaan Tahun Baru.

"Ansor memiliki visi kebangsaan untuk ikut terlibat memberikan rasa aman bagi warga negara untuk menjalankan ibadah," kata Tonang kepada Liputan6.com di Makassar, Jumat (25/12/2015).

"Kita tidak membekali senjata seperti yang dimiliki oleh personel Polri dan TNI tapi mereka memiliki kemampuan bela diri dan ilmu kanuragan khusus," kata Tonang

Bekal para anggota Anshor itu disiapkan untuk menghadapi situasi yang tidak kondusif. "Ilmu kanuragan itu didapatkan saat pembekalan GP Anshor dulu," ujar Tonang.

Beberapa titik yang dijaga oleh GP Anshor dalam rangka membantu tugas kepolisian yakni seluruh tempat ibadah baik gereja maupun masjid serta tempat tempat pelayanan publik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini