Sukses

Terkendala Biaya, Manusia Bakau Dirawat Keluarga

Manusia bakau itu belum terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM) atau asuransi kesehatan lainnya.

Liputan6.com, Denpasar - Ketut Suerden yang belakangan dikenal sebagai manusia bakau akhirnya kembali ke Banjar Petapan, Desa Pergung, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Bali. Lelaki yang doyan menyantap bebek hidup itu sempat diserahkan ke Kantor Kecamatan Mendoyo sebelum diserahkan kepada keluarganya.

"Setelah sampai di Kantor Kecamatan Mendoyo, kami berkoordinasi dengan Kepala Desa Pergung untuk tindak lanjut karena orang gila itu merupakan warga Desa Pergung," ujar Kepala Desa Yehembang I Made Semadi di Jembrana, Jumat (18/12/2015).

Dihubungi melalui sambungan telepon, Kepala Desa Pergung Ketut Wimarta membenarkan pihaknya telah diajak berkoordinasi oleh Kepala Desa Yehembang terkait manusia bakau tersebut.

"Manusia bakau itu memang warga kami, dan kami telah mengambil langkah mengajak yang bersangkutan berobat sementara di Puskesmas Mendoyo," ucap Ketut.

Setelah dilakukan pengobatan sementara, aparat desa kemudian berkoordinasi dengan pihak keluarga manusia bakau. Mereka meminta agar Ketut Suerden diobati di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Bali di Bangli.

Namun, upaya pengobatan terkendala biaya karena manusia bakau itu belum terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM) atau asuransi kesehatan lainnya.

"Kami sementara masih mengurus JKBM untuk yang bersangkutan. Untuk sementara, sebelum JKBM keluar dan bisa digunakan, yang bersangkutan kami titip kepada pihak keluarganya. Tentunya tetap dalam pengawasan kami," sahut Ketut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini