Sukses

Kodam Udayana Pamerkan Alutsista di Hari Juang TNI AD

Puncak peringatan Hari Juang digelar acara jalan santai.

Liputan6.com, Denpasar - Dalam rangka Hari Juang Kartika, TNI Angkatan Darat Kodam IX Udayana menggelar pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali. Dari mulai peralatan memasak sampai peralatan berperang milik Kodam Udayana dikenalkan kepada masyarakat.

Hari Juang Kartika diperingati setiap 15 Desember untuk mengenang pertempuran Ambarawa Desember 1945. Saat itu, perjuangan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dipimpin Jenderal Sudirman pada pertengahan Desember 1945 membuat tentara sekutu terpukul mundur dari Ambarawa menuju Semarang.

Petugas yang tengah berjaga di area pameran alutsista, Sersan Kepala Suranto menuturkan, pameran ini digelar hingga Minggu 20 Desember 2015. Puncak peringatan Hari Juang digelar acara jalan santai.

"Pameran alutsista ini digelar dalam rangka hari juang TNI AD. Puncak acaranya nanti hari Minggu 20 Desember. Akan ada juga jalan santai dan dihadiri Pangdam, Kapolda, dan Gubernur Bali," kata Suranto kepada Liputan6.com di Denpasar, Kamis (17/12/2015).

Pada kesempatan itu, Suranto mengaku bangga bisa mengenalkan alutsista kepada masyarakat umum. Dia sangat bersemangat mengenalkan alat-alat yang biasa dipergunakan TNI dalam berperang itu.

"Saya paham betul, masyarakat umum tidak sering mendapat kesempatan mengetahui lebih jauh tentang alutsista. Senang dan bangga saya bisa memberikan informasi kepada warga," ucap Suranto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.