Sukses

40 Ribu Kondom Habis di 10 Panti Pijat Surabaya

Biasanya sang mami telepon Yayasan Orbit minta kondom.

Liputan6.com, Surabaya - Yayasan Our Right to be Independent (Orbit) mengaku telah membagikan 40 ribu kondom ke 10 panti pijat yang berada di Surabaya sepanjang tahun ini. Penggunaan kondom ini adalah salah satu cara untuk mencegah penularan HIV/AIDS di panti pijat yang diduga menjadi lokasi prostitusi terselubung.

"Terutama panti pijat yang plus plus. Selain panti pijat ada juga tempat hiburan yang juga kita berikan gratis kondom," kata petugas lapangan Yayasan Orbit Adi Purnomo di Surabaya, Selasa (1/12/2015).

Pengelola panti pijat biasa menelepon Yayasan Orbit ketika minta dikirimi kondom. "Biasanya maminya telepon minta dikirimi kondom. Kalau habis biasanya telepon dan langsung kami kirim," kata Adi.

Yayasan biasa mengirimkan 1 dus besar kondom yang berisi 30 pak. Satu pak itu berisi 144 biji kondom. "Ada 10 panti pijat yang menjadi dampingan kami. Masing-masing biasa kami kirimi 1 dus kondom," ujar dia.

Selain memberikan puluhan ribu kondom kepada sejumlah panti tersebut, Adi menambahkan, Yayasan Orbit juga melakukan voluntary conseling and testing (VCT). Kegiatan ini dilakukan dengan menggandeng pihak terkait untuk melakukan konseling. Layanan konseling ini menyasar pihak-pihak yang rentan tertular HIV/AIDS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini