Sukses

4 Ribu Kondom Gratis di Tanjung Perak Setiap Bulan

Kondom banyak dibagikan kepada para sopir yang datang ke kawasan pelabuhan,

Liputan6.com, Surabaya - Yayasan Our Right To Be Independent (Orbit) membagikan 4 ribu kondom per bulan di Kawasan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Program itu untuk menanggulangi penyebaran virus HIV AIDS.

Petugas lapangan Yayasan Orbit Adi Purnomo mengatakan kondom tersebut dibagikan secara gratis kepada warga yang rentan tertular penyakit mematikan itu. Salah satu sasarannya adalah para sopir bus.

"Jumlah itu kadang terpenuhi kadang juga tidak. Tapi yang jelas kami menyediakan 4000 kondom per bulan untuk disebar secara gratis," kata Adi di Surabaya, Selasa (1/12/2015).


Adi mengaku mengalami sejumlah kesulitan selama menangani wilayah pendampingan di Pelabuhan Tanjung Perak. Dia menambahkan pihaknya tidak hanya melakukan bagi-bagi kondom saja. Ada juga upaya mobile visity yang setidaknya dilakukan per 3 bulan sekali kepada para penerima kondom.

"Ini yang susah. Kami hampir kesulitan untuk menemukan mereka penerima kondom sebelumnya. Mobile visity ini penting untuk mengetahui apakah terpapar HIV atau tidak," kata dia.

Adi menyatakan kondom yang dibagikan secara gratis tersebut tidak untuk dijual lagi oleh penerimanya. Dalam bungkus kondom dan plastik kondom tertulis secara jelas bahwa kondom tersebut tidak diperjualbelikan.**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini