Sukses

Detik-detik Dramatis KM Wihan Sejahtera Tenggelam

Penumpang tiba-tiba panik saat benturan keras terjadi. Sebagian dari mereka berebut pelampung dan sebagian meloncat dari kapal.

Liputan6.com, Surabaya - Kapal roll on-roll off (roro) dengan nama lambung Wihan Sejahtera tenggelam di Surabaya, tepatnya di Teluk Lamong, Senin (16/11/2015). Beberapa penumpang yang hendak menuju Labuan Bajo, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) itu panik. Begini kesaksian salah seorang penumpang di detik-detik tenggelamnya kapal.

Bakri, salah satu penumpang asal Blitar ini mengatakan kapal tenggelam diperkirakan satu jam setelah lepas jangkar dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, yaitu pukul 10.00 WIB. Kapal sudah dalam kondisi miring saat berada tepat di depan terminal peti kemas Teluk Lamong, Surabaya.

Saat itu, ratusan penumpang mendengar dan merasakan adanya benturan yang mengenai lambung kapal. Seketika saja para penumpang panik. Ditambah lagi kapal mengalami kebocoran di sisi lambung kiri.

"Kami merasakan ada benturan yang mengenai kapal," kata Bakri kepada Liputan6.com di Markas Direktorat Polisi Perairan Polda Jawa Timur, Senin (16/11/2015).

Penumpang yang panik sebagian berebut pelampung. Namun, ada pula yang nekat meloncat berharap segera dievakusi oleh personel Ditpolair Polda Jatim yang saat itu tengah berpatroli.

"Saat semuanya panik kapal patroli Ditpolair Polda Jatim datang untuk mengevakuasi kami," kisah Bakri.

Sejalan proses evakuasi, Ditpolair langsung melakukan koordinasi dengan beberapa pihak seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim dan juga SAR Jawa Timur, agar dapat mengevakuasi penumpang lainnya.

Para penumpang yang berhasil dievakuasi sebagian dibawa ke Markas Polair Polda Jatim, dan sebagian lainnya dirujuk ke Rumah Sakit Port Hospital Center (PHC).

Berikut video detik-detik tenggelamnya KM Wihan Sejahtera:

(Dry/Hmb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini