Sukses

4 Gunung Terbakar, Jalur Pendakian Jawa Timur Segera Ditutup

Kebakaran melanda hutan di Gunung Lawu sampai Gunung Welirang.

Liputan6.com, Surabaya - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf meminta agar semua jalur pendakian gunung di seluruh Jawa Timur segera ditutup. Instruksi ini terkait peristiwa kebakaran hutan yang melanda sejumlah gunung di Jawa Timur.

Dalam sebulan ini tercatat ada empat peristiwa kebakaran hutan di wilayah Jawa Timur, yakni di Gunung Lawu Magetan, Gunung Semeru Lumajang, Gunung Penanggungan Trawan Mojokerto, dan Gunung Welirang Pasuruan.

"Karena kondisinya belum baik, jalur pendakian kita harapkan ditutup dulu‎," ujar Wakil Gubernur Saifullah yang akrab disapa Gus Ipul, usai membuka Penandatanganan Pendamping dan Operator Program Keluarga Harapan Dinas Sosial Jawa Timur di Surabaya, Selasa (27/10/2015).

Gus Ipul mengajak semua elemen ikut mengantisipasi agar kebakaran lahan di areal pegunungan Jawa Timur tidak terus meluas. Musibah kebakaran hutan di beberapa gunung di Jawa Timur merupakan faktor alam dan akibat musim kering yang berkepanjangan.

"Selain ditutup, harus dilakukan pengetatan di pos pantau untuk masuk ke pegunungan," kata Gus Ipul. (Hmb/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini