Sukses

Sempat Molor 3,5 Jam, Jemaah Haji Kloter 1 dan 2 Tiba di Surabaya

Para jemaah haji itu tiba dengan menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines nomor penerbangan SV5108

Liputan6.com, Surabaya - Setelah sempat molor selama 3,5 jam, jemaah haji kelompok terbang (Kloter) satu asal Surabaya dan Magetan itu akhirnya tiba di Surabaya. Para jemaah yang berjumlah 448 orang itu terdiri dari 217 jemaah haji laki-laki dan 231 jemaah haji perempuan.

Kedatangan ‎para jemaah haji itu disambut Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur Mahfud Shodar di Ruangan Mina, Asrama Haji Sukolilo. Pertemuan itu tertutup hanya untuk para jemaah haji.

Tak berselang lama, kloter 2 datang. Jumlah jemaah haji kloter kedua itu 444 orang. Mereka terdiri dari 203 Orang jemaah laki-laki dan 241 orang jemaah perempuan.

Kemenag Jatim Mahfud Shodar mengatakan bahwa tertundanya kedatangan pesawat pengangkut jemaah haji kloter satu embarkasi Surabaya karena pesawat antre terbang atau tinggal landas saat masih di Bandara King Abdul Aziz, Arab Saudi.

"Penundaan karena pesawat antre tinggal landas di Jeddah, jadi bukan karena permasalahan apa-apa," kata Mahfud di Surabaya, Selasa 29 September 2015.

"Dan jemaah haji yang pesawatnya tertunda kepulangannya ke tanah air, tidak akan kelaparan selama menunggu, karena sudah dijamin oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Arab Saudi," tandas Mahfud.

Para jemaah haji itu sebelumnya tiba dengan menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines nomor penerbangan SV5108.

Semula, kedatangan kloter satu di Bandara Internasional Juanda Surabaya dijadwalkan pukul 09.30 WIB, namun ada penudaan dan mendarat pukul 13.50 WIB. Mereka langsung menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur. (Ali/Dan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini