Sukses

Dengan Robot Hidrolik Ini, Fisika Jadi Mudah dan Menyenangkan

Mahasiswa di Surabaya berhasil menciptakan robot sederhana guna menunjang pengajaran fisika.

Liputan6.com, Surabaya - Beberapa mahasiswa Jurusan Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Ilmu Keguruan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) berhasil menciptakan Robot Hidrolik Handmade. Tujuan pembuatan robot itu untuk mendukung pengajaran Fisika.

"Sebagai calon pendidik kami berniat untuk mengenalkan alat ini agar lebih banyak orang tahu bahwa fisika itu sederhana dan menyenangkan," kata Ketua Tim Fisika WM Surabaya Rezki Agung Rahmansyah di Surabaya, Rabu (23/9/2015).

Robot itu diharapkan menjadi alat percontohan dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran fisika. Robot ini juga bisa berputar, bergerak naik turun, bahkan menjepit dan mengangkat penghapus papan tulis.

"Robot hidrolik ini membuat kita paham bagaimana memanfaatkan dan mengaplikasikan tekanan yang tepat untuk menjepit, mengangkat, berputar, bahkan memindahkan suatu benda," jelas Rezki.

Untuk bahan-bahannya, kata dia, sebagian besar bahan bekas seperti gabus sisa alat elektronik keras, stik es krim, lem tembak, alat suntik tanpa jarum, karet gelang, serta selang kecil.

"Jika tidak ada gabus elektronik, gunakan saja gabus bekas sandal jepit. Kalau ingin robotnya lebih kokoh, bisa juga menggunakan kayu oven yang biasa dipakai untuk suvenir," jelas Rezki. (Hmb/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini