Sukses

Cara Kreatif Sulap Limbah Koran

Banyak cara memanfaatkan limbah agar masih bernilai guna dan tak terbuang begitu saja.

Liputan6.com, Makassar - Banyak cara memanfaatkan limbah agar masih bernilai guna dan tak terbuang begitu saja. Seperti yang dilakukan pegawai negeri sipil (PNS) di Makassar, Sulawesi Selatan, Amir.

PNS bagian humas di Sekretariat DPRD Makassar ini jago menyulap limbah kertas koran menjadi bingkai foto cantik.

"Saya bisa membuat bingkai foto dari kertas koran sejak SMP dulu dan alhamdulillah sekarang ini dapat tugas dari pimpinan buat bingkai foto anggota-anggota DPRD Makassar periode 2014-2019 untuk dipasang di ruang aspirasi nantinya," kata Amir saat ditemui Liputan6.com di sela-sela membuat bingkai foto dari kertas di ruangan aspirasi DPRD Makassar, Sulsel, Rabu (2/9/2015).

Butuh keterampilan khusus untuk bisa membuat bingkai secantik buatan sang PNS. Karena itu, Amir tak ragu membandingkan karyanya dengan bingkai-bingkai fiber yang banyak dijual di toko Makassar.

Lalu bagaimana cara membuat bingkai cantik dan murah meriah ala Amir?

Selain koran bekas, cuma dibutuhkan cuter dan lem kertas. Ambil sejumlah kertas koran lalu gulung hingga padat menyerupai sebatang lidi. Ketebalannya tergantung keinginan.

"Hanya saja memang membutuhkan keterampilan khusus saat membuatnya. Pertama yang agak sulit bagi orang awam itu ketika membuat sebuah batang dari kertas koran yang digulung sepadat mungkin sehingga keras tampak sebatang bilah bambu," pungkas pria 47 tahun tersebut. (Ndy/Bob)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini