Sukses

Unair Anugerahi Gubernur Soekarwo Gelar Doktor Honoris Causa

Nasih menambahkan bahwa Gubernur Soekarwo adalah orang kedua yang menerima gelar Doktor Honoris Causa bidang Ilmu Ekonomi.

Liputan6.com, Surabaya - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur, menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa bidang ekonomi kepada Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Pengukuhan dilakukan di ‎Gedung Rektorat Kampus C Unair Jalan Mulyorejo Surabaya, Sabtu (22/8/2015).‎

Rektor Unair Moh Nasih mengatakan, gelar itu diberikan terkait karya atau prestasi Gubernur Soekarwo yang dinilai membawa manfaat bagi kesejahteraan masyarakat, khususnya di Jawa Timur.‎

"'Sejak berdiri pada tahun 1961, 10 kali ini Unair menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa. Tetapi, Unair tidak sembarangan memberikan gelar kehormatan," tutur Nasih di Surabaya, Sabtu (22/8/2015)‎.

Nasih menambahkan bahwa Gubernur Soekarwo adalah orang kedua yang menerima gelar Doktor Honoris Causa bidang Ilmu Ekonomi. "Kami menilai Soekarwo memiliki prestasi, salah satunya dalam bidang ekonomi, menuju pertumbuhan yang semakin meningkat," imbuh Nasih.

Pertumbuhan bidang ekonomi yang semakin meningkat tersebut di antaranya peningkatan angka Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), penurunan angka kemiskinan, serta kemudahan investasi dengan memberikan jaminan pemerintah dan efesiensi birokrasi di Pemerintahan Provinsi Jawa Timur.

"Maka wajar, jika Pemprov Jatim dibawa kepemimpinan Soekarwo mendapat banyak penghargaan, khususnya pembangunan ekonomi daerah," tandas Nasih.

Sementara itu, Gubernur Soekarwo mengaku bangga dan bersyukur gelar Doktor Honoris Causa dianugerahkan kepadanya. Dia mengatakan akan dijadikan sebagai motivasi agar menjadi lebih baik.

Pakde Karwo -sapaan Soekarwo- menyampaikan, bahwa selama memimpin Jatim ia menggunakan konsep "Jatimnomics", yakni sebuah model Indonesia Incorporated dalam menghadapi era perdagangan bebas menuju pertumbuhan ekonomi inklusif.

"Indonesia Incorporated yaitu sebuah konsep multisinergi seluruh elemen bangsa dan negara untuk ikut berpartisipasi dalam mewujudkan pembangunan nasional," kata Soekarwo.

Jatimnomics, yaitu peningkatan basis produksi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan besar, pembiayaan yang kompetitif dan pengembangan perdagangan atau pasar. (Ron/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini